Skip to main content

PERSIAPAN SOYUZ KE ANGKASA LUAR.


Tragedi bom di stasiun metro Moskow masih menyisakan kepedihan bagi keluarga korban bom kini pesawat antariksa Soyuz TMA 18 melakukan persiapan akhir guna peluncuran ke stasiun angkasa luar Jumat esok. Sementara itu pesawat ulang-alik Discovery dijadwalkan akan melakukan peluncuran pada 5 April mendatang.

Persiapan akhir dilakukan di pusat pelatihan Kosmonot di Baikonur Kazaktan menjelang peluncuran pesawat Soyuz TMA 18. Teknisi pesawat angkasa luar Rusia, Alexander Skvortsov dan Mikhail Komineko bersama astronot Amerika Tracy Calddwl Dyson akan bertugas di Stasiun Angkasa Luar Internasional pada 4 April mendatang.

Para kosmonot dan astronot juga meninjau pesawat Soyuz yang akan membawa mereka menuju orbit stasiun angkasa luar. Bersamaan dengan persiapan pusat peluncuran angkasa luar di Kazakhtan, pesawat ulang-aling Discovery dijadwalkan akan melakukan peluncuran pada 5 April mendatang. Menurut Nasa Discovery akan membawa keperluan logistik dan peralatan laboratoriom untuk stasiun angkasa luar.

Tak hanya untuk peluncuran wahana antariksa tanpa awak, dari kosmodrom ini juga diluncurkan berbagai wahana antariksa berawak milik Soviet untuk mengeksplorasi angkasa luar. Yuri Alekseyevich Gagarin, manusia pertama yang melakukan perjalanan luar angkasa mengelilingi Bumi, pun berangkat dari kosmodrom ini. Dengan menggunakan Vostok 1 pada 12 April 1961, kosmonot kebanggaan Soviet itu pun mampu kembali ke Bumi dengan selamat.

Sumber : Reuters – Khazakhatan Space Suttle Service.

Comments

Popular posts from this blog

Green Canyon _pangandaran _Des 2018

Touring akhir tahun bersama Nissan livina club, salah satunya mengunjungi tempat wisata Green Canyon

Pesawat amfibe terbesar - UNI SOVIET

ini adalah kapal buatan unisoviet yg sekarang rusia dengan berat 350 ton pesawat amfibi ini untuk pembawa rudal pertama terbesar yg pernah di buat. dengan panjang 73,8 meter (membandingkan dengan 73 pesawat Airbus A380). nama pesawat ini adalah EKRANOPLAN. di buat pertama kali thn 1987.Pada tahun 2005 kerajinan jenis ini telah diklasifikasikan oleh International Marine Organization . sumber kaskus