Skip to main content

Robot Octopus di Film Spiderman


VIVAnews -- Sebuah robot mirip tentakel mekanik Dr Octopus, lawan jagoan Spiderman berhasil dikembangkan perusahaan Jerman, Festo. Namun, bukan ciptaan tokoh antagonis itu yang jadi acuan, melainkan belalai gajah.

Menurut penemunya, Robot lengan, yang dijuluki 'Bionic Handling Assistant' dioperasikan di rumah, sekolah, dan pusat-pusat rehabilitasi medis.

Prinsipnya, mirip seperti fungsi belalai bagi gajah. Bagian tubuh yang merupakan perpanjangan hidung dan bibir bagian atas ini digunakan untuk mengambil makanan, berkelahi, juga untuk bersalaman.

Ketika merancang robot ini, Festo berpedoman dan terispirasi alam, bukan meniru bentuk lengan robot konvensional -- yang terdiri dari batangan dan tabung logam nan kaku kaku.

Alih-alih meniru 40.000 lebih otot yang memungkinkan gajah menggerakkan belalainya, belalai buatan Festo menggunakan kantung udara yang memungkinkannya bergerak elastis.

Jajaran kantung-kantung udara dalam Bionic 'Handling Assistant' seperti tulang yang bisa dutiup. Rangkaian tulang itu dibagi menjadi tiga segmen yang memungkinkannya bergerak membentuk kurva 'S'.

Segmen keempat berada di bagian ujung, mirip tangan yang terdiri dari tiga jari atau 'FinGripper' yang bisa menggenggam halus.

Sensor yang tertanam di lengan memungkinkan kontrol motorik yang dapat menghentikan laju lengan ketika bertemu obyek tertentu, termasuk manusia.

Belalai mekanis ini terbuat dari poliamida yang tahan lama. Juga bahan-bahan fleksibel seperti nilon, sutera, dan Kevlar. (Christian Science Monitor)


Comments

Popular posts from this blog

Green Canyon _pangandaran _Des 2018

Touring akhir tahun bersama Nissan livina club, salah satunya mengunjungi tempat wisata Green Canyon

Pesawat amfibe terbesar - UNI SOVIET

ini adalah kapal buatan unisoviet yg sekarang rusia dengan berat 350 ton pesawat amfibi ini untuk pembawa rudal pertama terbesar yg pernah di buat. dengan panjang 73,8 meter (membandingkan dengan 73 pesawat Airbus A380). nama pesawat ini adalah EKRANOPLAN. di buat pertama kali thn 1987.Pada tahun 2005 kerajinan jenis ini telah diklasifikasikan oleh International Marine Organization . sumber kaskus