Skip to main content

Sekolah Inggris Dipasangi Alat Pemindai Muka



London- Sekolah di Inggris mulai memanfaatkan kamera mutakhir untuk memindai muka muridnya. Teknologi ini sangat akurat sehingga murid tidak akan mungkin berbuat curang.

Teknologi pemindai wajah ini juga untuk menyampaikan pesan kepada murid saat mereka menggunakan alat tersebut.

Mesin ini dimaksudkan untuk mengetahui jadwal hadir, jadwal pulang dan membuat panggilan pada murid.

Sepuluh sekolah di Inggris telah menggunakan sistem ini. Jika sukses, teknologi tersebut akan digunakan di banyak tempat.



Akan tetapi, beberapa pengamat privasi menentang perangkat ini karena merusak kebebasan masyarakat sipil.

Inggris sudah diberi peringatan menyangkut level pengawasan individu lewat produk elektronik yang merupakan terbesar di dunia. Pergerakan masyarakat bahkan telah direkam sekitar 3 ribu kali seminggu.

Sistem pemindai muka telah digunakan di bandara untuk menangkap pemilik passport palsu.

Sistem ‘faceREGISTER’ digunakan sekolah dengan pengambilan gambar muka digital 3D dan pemindai infra merah.

Siswa harus memasukkan muka di kotak berukuran kertas A3 saat gambar diambil. Kemudian mereka akan diminta memasukkan 4 nomor untuk konfirmasi identitas.

Teknologi absensi yang dibuat oleh perusahaan Aurora Computer Services ini sangat akurat, sehingga murid tidak mungkin berbuat curang dengan berpura-pura seperti teman mereka.

Sistem tersebut telah digunakan di Northamptonshire, Hertfordshire dan Cambridgeshire. Teknologi ini memakan biaya 9 ribu poundsterling (Rp 126 juta).

“Teknologi ini sangat spektakuler. Sebelumnya, siswa harus mengisi kertas tanda kehadiran, namun sekarang hanya menghabiskan waktu kurang dari 10 detik untuk mendapatkan informasi begitu banyak,” kata kepala sekolah Kelli Foster.

Akan tetapi, muncul kekhawatiran.

“Tidak ada tanggung jawab pihak sekolah menyangkut informasi sensitif begitu banyak dari murid. Sistem ini mungkin bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan data pribadi oleh individu yang tidak bertanggung jawab,” kata direktur Big Brother Watch, Daniel Hamilton.[ito]

sumber

Comments

Popular posts from this blog

Green Canyon _pangandaran _Des 2018

Touring akhir tahun bersama Nissan livina club, salah satunya mengunjungi tempat wisata Green Canyon

Pesawat amfibe terbesar - UNI SOVIET

ini adalah kapal buatan unisoviet yg sekarang rusia dengan berat 350 ton pesawat amfibi ini untuk pembawa rudal pertama terbesar yg pernah di buat. dengan panjang 73,8 meter (membandingkan dengan 73 pesawat Airbus A380). nama pesawat ini adalah EKRANOPLAN. di buat pertama kali thn 1987.Pada tahun 2005 kerajinan jenis ini telah diklasifikasikan oleh International Marine Organization . sumber kaskus