Skip to main content

Super Tucano



TNI AU bakal bertambah kekuatan ototnya dengan datangnya pesawat-pesawat tempur gres berlabel Super Tucano mulai 2012 mendatang. Pesawat bikinan Negeri Samba, Brazil, ini dibeli sebanyak satu skadron atau lebih kurang 16 buah pesawat.

embraerdefensesystems.com
Melihat tongkrongannya, pesawat nonjet yang menggunakan baling-baling ini memang mungil dan kalau dibandingkan dengan pesawat tempur jet, kesannya kurang canggih. Tapi jangan salah, kalau sudah melongok ke bagian dalamnya dan melihat kemampuannya, pesawat ini tak kalah garang.


Memang pesawat bikinan Empresa Brasileira de Aeronautica (Embraer) ini dikhususkan bagi berbagai misi serang darat, antigerilya, intai dan sebagainya. Mesin turboprop dipilih dengan alasan biaya operasi yang rendah dan kemudahan perawatan. Selain itu untuk operasi intai dan antigerilya, memang pesawat dengan mesin turboprop lebih sesuai karena lebih lambat terbangnya dibandingkan pesawat jet. Bagi TNI-AU, Super Tucano menjadi pengganti OV-10 Bronco, pesawat serang darat dan antigerilya bikinan AS yang sudah habis usia pakainya.

embraerdefensesystems.com
Seperti dijelaskan dalam situs Embraer, pesawat Super Tucano adalah versi pengembangan dari pesawat Tucano yang dibuat kali pertama 20 tahun silam. Tucano juga punya multifungsi yaitu latih dan serang ringan. Super Tucano punya dua varian yaitu tempat duduk tunggal dan tempat duduk ganda untuk fungsi latih.
Dibandingkan “kakak”-nya, Tucano, Super Tucano memiliki luasan kokpit yang lebih luas sehingga lebih nyaman bagi pilot. Seluruh panel kontrol dan pendukung operasi diringkas ke dalam layar-layar kristal penyaji data yang lebih simpel sesuai prinsip glass cockpit system. Untuk mendukung kesigapan reaksi pilot dalam operasi, sistem kendali yang digunakan bisa kompatibel dengan peranti helmet mounted display system di mana semua data penerbangan atau pembidikan sasaran ditayangkan di layar pada helm penerbang. Untuk kebutuhan pengintaian dan perekaman operasi juga tersedia sistem perekam video.

embraerdefensesystems.com
Sebagai “taring” untuk keperluan ofensif dan bela diri, Super Tucano dilengkapi sejumlah persenjataan. Persenjataan inti terpasangnya adalah sepasang senapan mesin kaliber 0,50 inci dengan bekal 200 peluru di kedua sayapnya. Di bawah sayap dan badan juga tersedia lima cantelan untuk membopong aneka persenjataan seperti rudal, roket atau bom dengan daya angkut maksimal 1.500 kilogram. Di ujung kedua sayapnya kalau perlu juga bisa dipasang rudal udara-ke-udara.




sumber



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Green Canyon _pangandaran _Des 2018

Touring akhir tahun bersama Nissan livina club, salah satunya mengunjungi tempat wisata Green Canyon

Pesawat amfibe terbesar - UNI SOVIET

ini adalah kapal buatan unisoviet yg sekarang rusia dengan berat 350 ton pesawat amfibi ini untuk pembawa rudal pertama terbesar yg pernah di buat. dengan panjang 73,8 meter (membandingkan dengan 73 pesawat Airbus A380). nama pesawat ini adalah EKRANOPLAN. di buat pertama kali thn 1987.Pada tahun 2005 kerajinan jenis ini telah diklasifikasikan oleh International Marine Organization . sumber kaskus